rumah gede Tanjung Pandan, Belitung

to

Senin, Mei 25, 2009

BAPAK NUIM KHAIYAT

ANDA yang pernah mendengarkan pak Nuim Khaiyath siaran pasti tahu betapa si ‘kamus’ atau ‘ensiklopedi’ berjalan ini bisa bercerita tentang apa saja dengan cara yang menarik pula.
Bangsa Indonesia pasti bangga memiliki orang sehebat bapak Nuim, yang pengetahuannya begitu luas.

Nuim Khaiyath (nama lengkapnya:Nuim Mahmud Khaiyath) adalah seorang penyiar senior kelahiran Medan, Indonesia yang saat ini berdomisili di Melbourne, Australia. Dia kini menjadi Kepala Siaran Bahasa Indonesia di Radio Australia. Nuim Khaiyath memulai karirnya di bidang jurnalistik pada 1964 dengan bekerja di BBC'S Indonesian Service yang berpusat di London selama tiga tahun. Ia kemudian bergabung dengan Radio Australia Siaran Bahasa Indonesia (RASI) sejak 1967-1970. Pada 1970 ia pindah ke BBC London. Dua tahun kemudian (1972) ia kembali lagi ke RASI, dan sejak tahun 1998 ia dipercaya untuk memimpin RASI.

Ia populer dengan acara Sabtu Gembira (SAMBA), yang dibawakan dengan logat Melayu Medan. Acara tersebut disiarkan pula oleh Radio Delta FM setiap hari Sabtu pagi. Acara lain yang diasuhnya di RASI adalah PERSPEKTIF, dan Dunia Olahraga. Selain itu dia juga tampil dalam siaran Radio Ramako FM setiap Senin pagi dalam acara Poros Jakarta Melbourne. Pengetahuannya yang luas membuatnya sangat populer di kalangan pendengar radio tersebut, sehingga ia mendapat julukan "Kamus Berjalan".

Aktifitas rutin yang dilakukannya diluar siaran radio adalah berenang dan membaca.

sumber: Wikipedia bahasa Indonesia

Nuim Khaiyath adalah, anak bungsu yang lahir di Medan, tepatnya di tepi Sungai Deli 70 tahun silam. Belum selesai kuliah di Fakultas Sastra Univrsitas Islam Sumut (UISU), ia sudah bekerja sebagai Wakil Pemimpin Redaksi koran berbahasa Inggeris terbitan Medan, ‘The Deli Times’.

Setelah malang melintang ke India, Afrika Timur dan Timur Tengah dan Arab Saudi, Nuim bekerja di BBC London. Tiga tahun kemudian, Nuim pindah ke radio Australia. Tiga tahun kemudian, ia pindah kembali ke BBC London namun cuma 18 bulan. Nuim,merasa tidak betah dan akhirnya ditarik kembali oleh radio Australia hingga sekarang.

sumber: berita sore.com

Siaran radio ABC Australia

0 komentar:

Posting Komentar