rumah gede Tanjung Pandan, Belitung

to

Kamis, April 23, 2009

Amal sholehnya seorang ibu


Semua ibu-ibu rumah tangga pasti tau betapa repotnya menjadi seorang ibu rumah tangga. Apalagi tidak menggunakan jasa Pembantu.Karena pembantunya mudik, berhenti atau karena memang kita tidak mau mempunyai pembantu.
Waktu anak-anakku masih kecil, aku masih mempunyai pembantu.Ada yang bisa bertahan lama sampai bertahun-tahun tapi ada juga yang baru beberapa hari sudah mau pulang karena berbagai alasan.
Akhirnya setelah anak-anak sudah mulai besar aku memutuskan untuk tidak memakai jasa pembantu.
Awalnya karena gonta-ganti pembantu, lama-lama capek juga dengan keadaan seperti itu.Jadi setelah dipikir-pikir dan ditimbang-timbang kayaknya kok mending tidak ada pembantu saja. Lama-lama terbiasa dan menikmati juga. Dan aku mulai bisa mengatur waktu kapan mengurusi rumah tangga kapan untuk kesibukkan untuk diri sendiri.
Jadi di awal pagi setelah sholat Subuh aku biasakan untuk berdzikir dan dijadikan amalan rutin.
Mempersiapkan kebutuhan keluarga. Terus sarapanlah ya...
Shalat-shalat sunnah baru teruskan pekerjaan. Kalau hari itu tidak ada acara/pengajian, hari itu bisa banyak yang dikerjakan istilahnya kerja borongan. Nah.. kalau ada anak yang lagi off sekolah, aku bisa minta tolong untuk cuci baju mereka sendiri atau bersih-bersih rumah. Lumayaaan...and alhamdulillah...
Jadi kalau besoknya ada acara aku bisa santai dikit, pekerjaan rumahnya tidak terlalu banyak.

Tapiii... untuk aku... kunci aku bisa mengerjakan semua itu setelah aku perhatikan ternyata aku harus...1. tidak boleh terlewat amalan-amalan rutin pagi {dzikir}. Insya Alloh pekerjaan hari itu bisa beres karena aku yakin "tangan" Alloh membantuku termasuk masih bisa mengerjakan sholat sunnah.
2. Berdoa agar aku diberikan kekuatan, kemudahan, hatinya ridho untuk bisa menyelesaikan semua pekerjaan, apalagi kalau rasanya sudah mulai tidak mampu padahal kerjaan itu tidak mungkin ditinggalkan. Nangguuung. Kalau sudah doa bener loh kalau kerjaan itu rasanya jadi ringan dan tau-taunya sudah selesai saja. Alhamdulillaaah.
3.Yang paling penting dari semua itu adalah diawali semuanya diniatkan karena Alloh. Insya Alloh pekerjaan kita menjadi tidak sia-sia disisi Alloh. Amiiin.
Yuuuk kerja yuuuk


0 komentar:

Posting Komentar